Kita sudah memasuki Revolusi Industri 4.0, sebagai persiapan menjadi tenaga kerja yg professional maka kita harus memiliki NILAI TAMBAH di hadapan perusahaan tempat bekerja.

Akan tetapi sebelumnya kita harus menilik, bagaimanakah kondisi ketenagakerjaan di Indonesia saat ini? Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memaparkan dalam seminar penerapan ASEAN MRA di Novotel Surabaya, 15 November 2019, bahwa terdapat beberapa poin yang perlu diingat.

A. Skill Mismatch

Ketersediaan tenaga kerja di Indonesia masih terjadi mismatch antara kebutuhan dunia usaha dan industri dengan ketersediaanskill yang dimiliki oleh tenaga kerja. Dampak dari kondisi ini menyebabkan permintaan dan penawaran di pasar tenaga kerja masih belum seimbang.

B. Demand

Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, dimana semakin banyak sistem kerja otomatisasi. Hal ini berpotensi menimbulkan disrupsi. Disrupsi adalah bergesernya aktivitas-aktivitas masyarakat yang biasanya dilaksanakan di dunia nyata, berganti dilakukan di dunia maya. Fenomena ini juga berpotensi memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru berbasis tenologi digital.

C. Better Skills

Kebutuhan pasar tenaga kerja Indonesia akan pekerja berketrampilan menengah-tinggi semakin meningkat dari tahun ke tahun. Fenomena ini merupakan dampak dari poin di atas (B) dimana dunia usaha dan industri membutuhkan better skills dari pekerjanya. Berdasarkan data BNSP, bahwa kebutuhan pekerja terampil akan meningkat dari 38% tahun 2015 menjadi 90% di tahun 2045.

D. Labor Market

Dampak dari beberapa fenomena yang telah dijelaskan sebelumnya adalah bagaimana labor market flexibility agar proses perpindahan pekerja ke pasar tenaga kerja dan dunia usaha dan industri berjalan dengan optimal.

Dibutuhkan usaha lebih agar proses ini berjalan dengan baik atau mulus. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan adanya sertifikasi kompetensi. Manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari sertifikat kompetensi berdasarkan fakta-fakta yang terdapat di lapangan yaitu:

  • Memiliki keunggulan kompetitif dibanding kandidat tanpa sertifikat
  • Memiliki potensi untuk mendapatkan upah lebih tinggi
  • Memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan
  • Menunjang professional career.

You might find out more about this topic from our related post below.

PENTINGNYA SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI LULUSAN PERGURUAN TINGGI

#sertifikasi#lsppolitekniknscsurabaya#lspย #lsppolitekniknsc


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *