Skema Sertifikasi Kompetensi Pemrograman Komputer

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Pemrograman, Konsultasi Komputer dan Kegiatan YBDI Bidang Software Development Subbidang Pemrograman, Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik
Indonesia, Nomor 282 Tahun 2016 Tanggal 8 Nopember 2016

Unit Kompetensi

  1. Menganalisis Tools
  2. Menganalisis Skalabilitas Perangkat Lunak
  3. Melakukan Identifikasi Library, Komponen atau Framework yang Diperlukan
  4. Menggunakan Struktur Data
  5. Mengimplementasikan User Interface
  6. Merancang User Experience
  7. Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
  8. Merancang Arsitektur Aplikasi
  9. Menggunakan Spesiflkasi Program
  10. Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemrograman Berbasis Teks, Graflk, dan Multimedia
  11. Melakukan Instalasi Software Tools Pemrograman
  12. Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman
  13. Menerapkan Pemecahan Permasalahan Menjadi Sub rutin
  14. Menerapkan Metode dan Praktik Penggunaan Kembali (Reusable) Subrutin-Subrutin
  15. Menyusun Fungsi, File atau Sumber Daya Pemrograman yang Lain dalam Organisasi yang Rapi
  16. Menulis Kode dengan Prinsip Sesuai Guidelines dan Best Practices
  17. Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
  18. Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek
  19. Menggunakan Library Atau Komponen Pre-Existing
  20. Menggunakan Structured Query Language
  21. Menerapkan Akses Basis Data
  22. Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman
  23. Membuat Dokumen Kode Program
  24. Melakukan Migrasi ke Teknologi Baru
  25. Melakukan Debugging Program
  26. Menggunakan Source Code Versioning
  27. Mengimplementasikan Network Programming
  28. Menerapkan Pemrograman Real Time
  29. Menerapkan Pemrograman Paralel
  30. Menerapkan Pemrograman Multimedia
  31. Melakukan Profiling Program
  32. Menerapkan Code Review
  33. Melaksanakan Pengujian Unit Program
  34. Melaksanakan Pengujian lntegrasi Program
  35. Melaksanakan Pengujian Program Sistem
  36. Melaksanakan Penguiian Kode Program Secara Statis
  37. Melaksanakan Stress Test
  38. Melaksanakan Pengujian oleh Pengguna (User Acceptance Testing)
  39. Memberikan Petunjuk Teknis Kepada Pelanggan
  40. Membuat Paket Instalasi Perangkat Lunak
  41. Melaksanakan Cutover Aplikasi
  42. Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment (Development, Staging, Production)
  43. Menganalisis Dampak Perubahan Terhadap Aplikasi
  44. Menerapkan Alert Notification jika Aplikasi Bermasalah
  45. Melakukan Pemantauan Resource yang Digunakan Aplikasi
  46. Mengimplementasikan Fitur Logging Aplikasi
  47. Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *